February 2,
2010
Jazz adalah aliran
musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan
akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.
Musik jazz banyak
menggunakan gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Salah satu
elemen penting dalam jazz adalah sinkopasi.
Definisi
Double bassist
Reggie Workman, pemain saksofon tenor Firaun Sanders, dan drummer
Muhammad Idris tampil pada tahun 1978.
Jazz bisa sangat
sulit untuk menentukan karena membentang dari waltz Ragtime untuk
fusi era tahun 2000-an. Meskipun banyak upaya telah dilakukan untuk
menentukan jazz dari sudut pandang di luar jazz, seperti menggunakan
sejarah musik Eropa atau musik Afrika, kritikus jazz Joachim Berendt
berpendapat bahwa semua upaya tersebut tidak memuaskan. Salah satu
cara untuk berkeliling masalah definisi adalah untuk mendefinisikan
jazz “istilah” lebih luas. Berendt mendefinisikan jazz sebagai
bentuk “seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui
konfrontasi orang kulit hitam dengan musik Eropa”, ia berpendapat
bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan
“khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai ‘ayunan’ “,”
sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik di mana improvisasi
memainkan peran “, dan” kemerduan dan cara ungkapan yang cermin
individualitas dari musisi jazz melakukan “.
Travis Jackson juga
mengusulkan definisi yang lebih luas dari jazz yang mampu mencakup
seluruh era yang berbeda secara radikal: ia menyatakan itu adalah
musik yang mencakup kualitas seperti “berayun ‘, improvisasi,
interaksi kelompok, mengembangkan sebuah” suara individu, dan
menjadi ‘terbuka’ untuk kemungkinan musik yang berbeda Krin
Gabbard mengklaim bahwa” jazz adalah membangun “atau kategori
yang, sementara buatan, masih berguna untuk menunjuk” sejumlah
musics dengan cukup umum harus dipahami sebagai bagian dari sebuah
tradisi yang koheren “.
Sementara jazz
mungkin sulit untuk menentukan, improvisasi jelas salah satu elemen
kunci. Awal blues pada umumnya terstruktur sekitar pola
panggilan-dan-respon yang berulang, unsur umum dalam tradisi lisan
Afrika Amerika. Suatu bentuk musik rakyat yang meningkat di bagian
dari lagu kerja dan bidang hollers Hitam pedesaan, blues awal juga
sangat improvisasi. Fitur-fitur ini mendasar dengan sifat jazz.
WhilProxy-Connection: hidup terus-Cache-Control: max-age = 0
dalam
unsur-unsur musik klasik Eropa interpretasi, ornamen dan pendampingan
kadang-kadang kiri ke kebijaksanaan yang berprestasi itu, tujuan
utama adalah pemain memainkan komposisi seperti yang tertulis.
Dalam jazz, Namun,
pemain ahli akan menafsirkan sebuah lagu dengan cara yang sangat
individu, tidak pernah memainkan komposisi yang sama persis dengan
cara yang sama dua kali. Tergantung mood pemain dan pengalaman
pribadi, interaksi dengan sesama musisi, atau bahkan anggota audiens,
seorang musisi jazz / pemain dapat mengubah melodi, harmoni atau
waktu penandatanganan di akan. musik klasik Eropa telah dikatakan
media komposer. Jazz, namun, sering ditandai sebagai produk
kreativitas egaliter, interaksi dan kolaborasi, menempatkan nilai
yang sama pada kontribusi dari komposer dan
pelaku,
‘tangkas berat klaim masing-masing komposer dan improvisasi’ .
Di New Orleans dan
Dixieland jazz, performer bergantian bermain melodi, sementara yang
lain countermelodies improvisasi. Dengan era swing, big band datang
untuk lebih mengandalkan musik diatur: pengaturan entah tertulis atau
dipelajari oleh telinga dan hafal – banyak artis jazz awal tidak
bisa membaca musik. solois Individu akan berimprovisasi dalam
pengaturan ini. Kemudian, di bebop fokus bergeser ke arah
kelompok-kelompok kecil dan pengaturan minimal; melodi (dikenal
sebagai “kepala“)
akan dinyatakan secara singkat pada awal dan akhir bagian, tapi inti
dari kinerja akan menjadi serangkaian improvisasi dalam tengah.
Kemudian gaya jazz seperti jazz modal meninggalkan gagasan
ketat kemajuan akord, yang memungkinkan individu musisi
berimprovisasi bahkan lebih bebas dalam konteks skala tertentu atau
mode. avant-garde dan idiom jazz bebas izin, bahkan memanggil,
meninggalkan chords, sisik, dan meter berirama.
Telah lama ada
perdebatan di komunitas jazz atas definisi dan batas-batas “jazz”.
Meskipun perubahan atau transformasi jazz oleh pengaruh baru awalnya
sering dikritik sebagai kehinaan “,” Andrew berpendapat Gilbert
jazz yang memiliki kemampuan “untuk menyerap dan mengubah pengaruh”
dari gaya musik yang beragam. Sementara beberapa penggemar jenis
tertentu jazz berpendapat untuk definisi sempit yang mengecualikan
berbagai jenis musik juga dikenal sebagai “jazz”, musisi jazz
sendiri sering enggan untuk mendefinisikan musik mereka bermain. Duke
Ellington menyimpulkan dengan mengatakan, “Ini semua musik.”
Beberapa kritikus bahkan menyatakan bahwa musik Ellington bukanlah
jazz karena diatur dan mengatur. Pada teman sisi lain Ellington dua
puluh solo Earl Hines’s “transformatif versi “komposisi
Ellington (pada Earl Hines Dimainkan Duke Ellington dicatat pada
tahun 1970) yang dijelaskan oleh Ben Ratliff, New York Times kritikus
jazz, seperti” sebagai contoh yang baik dari proses jazz sebagai
sesuatu di luar sana “.
Berorientasi
komersial atau populer yang dipengaruhi musik jazz bentuk memiliki
keduanya lama dikritik, setidaknya sejak munculnya Bop. penggemar
jazz tradisional telah diberhentikan Bop, tahun 1970-an jazz [era
fusi dan banyak lain] sebagai periode penurunan nilai komersial dari
musik. Menurut Bruce Johnson, musik jazz selalu memiliki ketegangan
“antara jazz sebagai musik komersial dan bentuk seni” catatan
Gilbert itu. Sebagai gagasan tentang kanon jazz adalah berkembang,
“prestasi masa lalu” dapat menjadi “… istimewa atas
kreativitas istimewa …” dan inovasi seniman saat Village Voice.
jazz kritikus Gary Giddins berpendapat bahwa sebagai penciptaan dan
penyebaran jazz semakin dilembagakan dan didominasi oleh perusahaan
hiburan besar, jazz adalah menghadapi “sebuah. .. masa depan
berbahaya kehormatan dan penerimaan tertarik “David Ake.
memperingatkan bahwa penciptaan” norma “dalam jazz dan
pembentukan tradisi jazz” “mungkin mengecualikan atau sampingan
lainnya yang lebih baru, avant-garde bentuk jazz . Kontroversi juga
muncul lebih dari bentuk-bentuk baru jazz kontemporer dibuat di luar
Amerika Serikat dan berangkat secara signifikan dari gaya Amerika Di
satu pandangan mereka merupakan bagian penting dari pengembangan saat
ini jazz itu;. di lain mereka kadang-kadang dikritik sebagai
penolakan terhadap tradisi jazz penting.
Asal kata “Jazz”
Asal-usul dari jazz
kata adalah salah satu yang paling dicari asal-usul kata dalam bahasa
Inggris Amerika modern. Bunga intrinsik Kata’s – American Dialect
Society menamakannya Firman Abad Twentieth – telah menghasilkan
penelitian yang cukup besar, dan sejarahnya dengan baik
didokumentasikan. Seperti dijelaskan lebih rinci di bawah, jazz
dimulai sebagai istilah slang Pantai Barat sekitar tahun 1912, yang
berarti yang bervariasi tetapi tidak mengacu pada musik atau seks.
Jazz datang berarti musik jazz di Chicago sekitar tahun 1915. Jazz
dimainkan di New Orleans sebelum waktu itu, tapi tidak disebut jazz.
Jazz kata membuat
salah satu penampilan yang paling awal di San Francisco bisbol
menulis pada tahun 1913. “Jazz diperkenalkan ke San Francisco pada
1913 oleh William (Spike) Slattery, olahraga Call editor, dan
disebarkan oleh pemimpin-band bernama Seni Hickman itu tercapai.
Chicago dengan 1915 namun tidak mendengar di New York sampai setahun
kemudian. “Salah satu kegunaan yang dikenal pertama dari kata jazz
muncul di 3 Maret 1913, artikel bisbol di San Francisco Bulletin oleh
ET “Scoop” Gleeson .
Pemusik jazz
terkenal
- Louis Armstrong, (1901-1971)
- Duke Ellington, (1899-1974)
- Charlie Parker, (1920-1955)
- Dizzy Gillespie, (1917-1993)
- Miles Davis, (1926-1991)
- John Coltrane (1926-1967)
- Chick Korea
- Ornette Coleman, (lahir 1930)
- Chris Botti
- Dave Koz
- Bob James
- Lee Ritenour
Indonesia
- Ireng Maulana
- Buby Chen
- Jack Lesmana
- Bill Saragih
- Benny Likumahua
- Bing Slamet
- Ireng Maulana
- Kibout Maulana
- Dwiki Dharmawan
- Indra Lesmana
- Elfa Secioria
- Iskandarsyah Siregar
- Luluk Purwanto
- Joko W.H.
- Balawan
- Syaharani
- Didi Tjia
- Barry Likumahua
- Band Ecoutez!
- Junior Theodore
- Daniel Alison
- Rudy Kusuma
http://indahbrobot.wordpress.com/2010/02/02/pengertian-musik-jazz/
No comments:
Post a Comment