Modal
jazz adalah jazz yang dimainkan menggunakan mode musikal dibanding
pergerakan chord . Ketika musis berbicara tentang cara atau mode
dalam jazz , mereka seringkali mengartikan berdasar tujuh modes
(seven modes based) dalam skala major. Saya lebih suka untuk
memperlakukan tiap mode tetap dalam posisinya Biarpun dalam mengenal
konsep ini tidak salah untuk mengambil skala mayor dan memainkan tiap
not dalam pergerakan mode tonic . Cara yang digunakan Modal Jazz tapi
pemahaman tentang mode seringkali dapat juga membantu belajar
improvise perubahan chord . Penting untuk memahami pendekatan ini
hanya dapat digunakan sebagai awal untuk belajar improvisasi melodi .
Pemahaman
mengenai modal jazz membutuhkan pemahaman pengetahuan dari mode
musikal . Mode adalah skala ketujuh yang digunakan dipertengahan
musik tapi kembali digunakan oleh komposer seperti Claude Debussy dan
sering juga digunakan komposer abad 20 . Pada be-bop seperti juga
pada hard bop musisinya menggunakan chords untuk menampilkan
background mendampingi solois . Sebuah lagu dapat saja mulai dengan
tema yang menggambarkan pengenalan chords yang digunakan solois .
Chords ini dapat berulang diseluruh lagu ketika solois akan memainkan
bagiannya . Di 1950an improvisasi bersama chords menjadi sesuatu
bagian yang dominan dari jazz pemain pemain tambahan direkaman
tersebut menambahi tapi tidak lebih dari bentuk chords yang sudah
direncanakan untuk dimainkan . Mengkreasikan perubahan solos menjadi
lebih extra sulit .
Diakhir
1950 musisis bingung atau frustasi dengan chords yang berulang
mencoba dengan pendekatan modal (yang berhubungan dengan perasaan) .
Mereka tidak menulis lagu menggunaka chords tapi malah menggunakan
skala modal . Ini berarti bassis sebagai contoh (instance) tidak
harus bergerak dari satu not penting dalam chord ke not yang lain –
selama mereka tetap pada skala yang digunakan dan mementingkan not
yang benar dalam skalanya mereka sebenarnya dapat bergerak kemana
saja . Pianis sebagai contoh yang lain tidak harus memaikan chord
atau variasi chordnya tapi bisa melakukan apa saja selama dia tetap
pada skala yang digunakan . Solois juga punya keleluasaan improvisasi
.
Pada
kenyataannya cara yang diambil solois mengkreasikan perubahan
perubahan solonya secara dramatik dimulai sejak kedatangan modal jazz
. Sebelumnya tujuan solois bermain solo untuk mengepaskan dengan set
chordnya . Bagaimanapun dalam modal jazz solois harus mengkreasikan
melodi dalam satu chord yang mungkin potensial menjadi membosankan
bagi pendengarnya . Oleh karena itu tujuan musisinya membuat melodi
sama menariknya . Modal jazz dalam esensinya adalah kembali kemelodi
.
Hal
yang penting untuk diketahui adalah kesempatan bassis dan pianis
untuk bergerak pada not diskala yang tidak cocok dengan chord utama
dari skalanya . Sebagai contoh dalam skala Ionian C adalah not utama
. Not yang lain sebagai contoh B tidak cocok dimainkan dengan C ini
tidak mungkin digunakan diluar lagu modal jazz yang ditulis dalam C
ketika memainkan chord C . Dalam lagu modal itu mungkin yang berarti
not yang dimainkan tidak dikenali sebagai bagian dari C mayor .
Di
modal jazz komposisi yang pentingadalah “So What” oleh Miles
Davis dan “Impressions” dari John Coltrane . Kedua komposisi ini
dimainkan dalan cara Dorian yang berarti dimainkan minor . Keduanya
sama sama menggunakan bentuk AABA dan pada D dorian untuk bagian A
dan memodulasikan naik setengah ke Eb Dorian untuk bagian B nya . Di
album King of Blue nya Miles Davis satu yang dapat dipandang sebagai
explorasi modal jazz Ini album yang penting dan menonjol serta album
jazz klasik .
Improvisasi
dalam konteks modal salah satu pemusiknya harus memulainya dalam
skala yan spesifik sebagai contoh dalam D dorian: D, E, F, G, A, B,
C, D . Tapi satu yang harus diingat adalah kemungkinan untuk
mengambil sejumlah not dari skalanya (dan tidak semua) untuk
mengkreasikan dalam skala yang lebih kecil atau pilihan dalam
berimprovisasi
Sebagai
contoh dalam D dorian salah satu harus memainkan not dari D minor
triad (tiga serangkai) (Dalam kenyataannya ini adalah yang dilakukaan
Miles diimprovisasinya (to begin with?)) atau salah satu musisinya
konsisten memakai triads yang ada dimodanya. (C maj, Dmin, Emin dll.)
. Yang pasti adalah jikalau anda atau musisi memilih triad yang upper
structure triad (struktur diatasnya atau lebih tinggi) dari chordnya
musisi akan mendapat tekanan lebih disana . Musisi mungkin juga
menggunakan banyak pentatonic yang berbeda dalam skalanya seperti C
major pentatonik F major pentatonik dan G major pentatonik . (Not
yang agak tidak harmonis seperti A minor D minor dan E minor
pentatonik dimainkan berturut turut) . Sebagai pilihan itu tampak
seperti batas not yang dapat meluaskan pilihan improvisasi untuk
pemain dalam pendekatan modal jazz .
Jazz Blues
Pengaruh
musik klasik dalam jazz sering disebut sebagai The third stream.
Jazz blues merupakan aliran musik yang mengkombinasikan musik Jazz dan Blues .
Jazz blues merupakan aliran musik yang mengkombinasikan musik Jazz dan Blues .
Seperti
halnya ragtime blues punya andil dan pengaruh besar pada perkembangan
Jazz . Amat expresiv didominasi gaya vokal yang tradisional, lagu
blues menampilkan cerita dan emosi dari Afro-Amerika diawal abad 20 .
Blues tidak hanya tipe musik tapi juga bentuk pola pikir dan jalan
hidup bagi banyak Afro-Amerika diera itu .
Rumit
dan tersebar luas keseluruh dunia yang pasti amat tidak kaku . Jazzy
blues vokalis diakhir 40an sampai awal 60an berpadu dengan
instrumentalis jazz besar tahun 50an dan awal 60an . Perilaku seperti
ini terus ditampilkan sampai sekarang dalam kebangkitan seperti oleh
Harry Connick Jr., Diana Krall dan Wynton Marsalis.
Lagu
blues umumnya berisi kalimat dengan lirik 3 baris (three-line stanze)
.
Baris
pertama diulangi 2 kali rhytem yang ketiga membentuk bersama yang
tadi (bentuk aab) . Melody tampil biasanya pada pengembangan chord
12-bar berisikan tiga bangunan chords pertama not keempat dan kelima
diskala besarnya . Tiga chords ini ditulis dengan huruf Romawi (I,
IV, dan V) . Bentuk suara yang nyata dari melody blues ada disebagian
besar bagian yang seharusnya menggunakan notasi diluar skala besar
pada umumnya disebut “blue notes” .
Salah
satu tipe awal jazz yang sering melakukan pergerakan repetisi harmoni
[sebuah pergerakan chords] berisi 12 bars dengan 44 yang mana di 4
bar pertama amat kuat (chord berdasar pada nada pertama diskala dari
tangga naa) . bar 5-8 kurang dominan (chord berdasar pada nada
keempat dari skala tangga nada) . bar 9-10 kembali dominan (chord
berdasar pada nada kelima dari skalanya) . dan bar 11-12 dimainkan
dengan kuat lagi . Blues ada dibagian pokok “blue” notes umumnya
dinada ketiga dan ketujuh diskalanya . Chords ketujuh sangat umum
(chords dengan kekuata ketiga, dominan dan note ketujuh) sebagaian
penggunaan dari belokan pola titi nada . Blues cenderung lebih lambat
dan kadang berkharakter sedih . Aslinya blues dimainkan dengan jumlah
instrumen yang sedikit sekali . Diwaktu sekarang bisa jadi
instrumental lebih banyak ..
Blues
pertama yang dupublikasikan adalah Memphis Blues oleh bapaknya blues,
W.C. Handy .Terminologinya juga merujuk semua lagu yang menerapkan
perubahan chord blues 12-bar yang dimainkan dengan gaya jazz
dibanding dengan gaya tradisional blues . Musik Blues mempunyai
pengaruh besar pada perkembangan jazz dan seperti komposisi — “jazz
blueses” – amat sangat umum di repertoar repertoar jazz .
(Dipenambahan pada progresi chord pemusik jazz meminjam banyak alat &
teknik dari gaya blues seperti blue note susunan melodi seperti blues
dan blues riffs (celahpatahan)) .
Jazz
blues akan sering menampilkan sesuatu yang lebih rumit atau dengan
kata lain cara memperlakukan harmoni lebih rumit dibandingthan blues
tradisional . tapi ciri dasar dari progresi 12-bar standar masih
dapat terlihat . Satu cara yang umum digunakan musisi jazz
menyempurnakannya melalui penggantian chord sebuah chord diperubahan
aslinya dapat digantikan satu atau lebih chords dengan yang serasa
atau fungsi tapi yang ditambahkan suatu warna yang lain atau hanya
menambahkan saja (jadi secondari gitulah) singkat katanya pergerakan
harmoni dalam semua rentang dari semua pergerakan harmoni yang ada .
No comments:
Post a Comment