Smooth
jazz adalah salah satu bentuk jazz,
sering kali percampuran dengan R&B.
Smooth jazz berkembang sebagai bagian dari bentuk jazz fusion,
dan cenderung memberi tekanan pada melody dibanding kepada improvisasi. CTI Records milik Creed Taylor bagian yang amat penting
diperkembangan bentuk ini dipertengahan 1970.Wes Montgomery membuat beberapa buah
rekaman instrumental dari sejumlah lagu pop yang terkenal yang tidak banyak
diminati penikmat Pop
dibanding jazz fan; hasil perusahaan rekaman ini sering tidak dianggap sebagai
album smooth jazz yang penting.
Jazz fan memandang smooth jazz dengan sebelah mata,
atau bahkan menganggapnya bukan jazz sama sekali, tapi beberapa yang lain
menolak pandangan tersebut, seperti musisi yang dihormati Pat Metheny,
David Sanborn, Marcus Miller dan yang lainnya sering diklasifikasikan
sebagai "smooth jazz," begitu juga bagian dari mereka mampu menampilka
bermacam macam gaya.
Smooth jazz
sebuah terminologi yang kontroversial, merupakan bentuk dari musik. Sebahagian
pecinta jazz tidak menganggap "Smooth Jazz" sebagai bentuk dari jazz,
sering jadi pemimpin pasar yang merepresentasikan usaha untuk membajak gengsi
dari terminologi dari golongan "jazz" untuk menjual apa yang dikenal
bentuk muzak. Kritik yang lain terhadap "Smooth Jazz" yang
sering menawarkan sesuatu yang mengalir begitu saja, suara yang safe
dari Jazz yang ringan yang bertujuan menarik pendengar secara luas, bergaya mainstream,
seringkali lebih white, tujuannya pendengar kelas menengah.
Konten
lain yang dapat membuat "Smooth Jazz" diterima menjadi subgenre, mendebat pikiran sempit untuk mencoba
merubahnya jazz ke bagian dari museum exhibisi, dan titik awal
keberlanjutan serbuan lewat batas antara jazz dan R&B di abad 21.
Pengembangan yang
populer sekarang adalah urban jazz, yang memasukkan aspek dari hip-hop.
Gaya ini kurang diminati penggemar yang umumnya mendengarkan stasiun radio kontemporar yang memainkan musik campuran dari
hip-hop dan R&B. Di antara musisi
yang sering menampilkan urban jazz adalah Dave Koz, Boney James, Paul Jackson Jr., dan mantan pemain NBA yang berganti haluan
menjadi pemain bas Wayman Tisdale.
Bentuk dari
Smooth jazz sebagai format untuk radio berakar bentuk musik yang cantik, umumnya
dimainkan 15-menitan perset (instrumental dengan satu atau dua vokalis per
set). Intisarinya, saat ini Smooth jazz diradio tidak berbeda dari musik cantik
tahun 60-an
sampai 80-an
Smooth
jazz umumnya menggambarkan genre musik yang memafatkan instrument (dan, secara
bersamaan, improvisasi) secara tradisional berhubunga dengan jazz dan
pengaruh gaya yang menarik banyak orang, dari banyak sumber seperti funk,
popular dan R&B. Sejak akhir 1980-an, gaya ini menjadi begitu sukses terutama
sebagai radio format, dan sering juga menjadi theme song station dimana mana di
United States. Meskipun sering muncul dimana mana, ini
menjadi sesuatu yang kurang menguntungkan bagi subgenre ini, umumnya bentuk
jazz ini semata mata mempertimbangkan kemudahan rekaman dan komersialnya.
Smooth
jazz yang dikenal saat ini muncul pertama dipertengahan dan akhir tahun 1970,
pionernya Grover Washington, Jr., Spyro Gyra dan Pieces of a Dream, dengan pengaruh jazz fusion. Tidak seperti
bentuknya, bagaimanapun, smooth jazz menjaga tekana pada melodi dan meninggalkan
improvisasi.
Bagaimanapun
akar genre ini dapat ditelusuri awalnya: diakhir 1960s perusahaan rekaman
terkenal yang diproduseri Creed Taylor bekerjasama dengan guitaris Wes Montgomery menghasilkan 3 album yang terkenal (1967 A Day in the Life dan
Down Here on the Ground dan 1968's Road Song) berisi versi instrumental
dari lagu pop seperti "Eleanor Rigby", "I Say a Little
Prayer" dan "Scarborough Fair".
Berawal
dari kesuksesan ini , Taylor mendirikan CTI Records. Banyak pertunjukan jazz berawal dari sini (termasuk
Freddie Hubbard, Chet Baker, George Benson dand Stanley Turrentine) melalui
mereka juga merilis albumnya dibawah bimbingan Taylor bertipe sesuai apa yang
diinginkan penggemar jazz; kritikus Scott Yanow menulis "Taylor
mendapatkan sukses besar denga menyeimbangkan artistik dengan kommersial"
Musik pop
instrumental yang besar ditahun 1970an sering dikenal sebagai
"contemporary" jazz / dan merefleksikan beberapa pengaruh dari musik
fusion.
Artis
yang berpengaruh saxophonists Grover Washington Jr. dan David Sanborn
mengembangkan sesuatu yang lebih ringan pendekatan yang lebih funki dengan gaya
bagi penggemar radio yang seringkali lebih mudah diterima dibanding fusion.
Chuck Mangione,
John Klemmer, Earl Klugh, Spyro Gyra, dan George Benson masing masing mempunyai
kesuksesan diradio pop. Hit Benson, "Breezin'", diproduksi oleh Tommy
LiPuma segera album ini menjadi landmark membuat contemporary jazz amat sangat
diterima luas sekali dan laku jutaan keeping.
Era 70an adalah
salah satu periode utama perubahan dalam jazz. Dimasa ini banyak album jazz
terfokus pada penampilan live diklub. Musisi seperti Cannonball Adderley, John Coltrane, dan Horace Silver lebih memilih
rekaman bernuansa klub untuk mendapatkan spontanitas dan kehebohan dari
penampilan live sebelum tampil live.
Diakhir
1960s, Creed Taylor mulai membuat jazz "berkelas" dengan suasana
dalam studio yang terkontrol. Setelah coba-coba yang tidak lama mengkreasikan
suasana klub pendekatan Taylor merekam musisi jazz distudio dengan setting
ketika mereka berimprovisasi. Melalui kombinasi artis jazz seperti guitarist George Benson dan pemain trompetFreddie Hubbard dengan arrangers Don Sebesky dan Bob James.
Konsep Taylor terbukti sukses secara komersial.
Tahun
1982,
Dave Grusin dan Larry Rosen meluncurkan GRP Records.Dengan background Grusin sebagai composer dan
arranger serta ketertarikan Rosens pada pengembangan teknik perekaman. GRP
menciptakan pendekatan pada produksi rekaman sama seperti studio rekaman milik Creed Taylor.
Di
era 80an di era industri rekaman post-disco banyak label rekaman besar
mengurangi daftar jazznya.Membuka kesempatan GRP untuk merangkul artis termasuk
keyboardist Chick Corea dan guitarist Lee Ritenour.
Melalui
kombinasi artis kontemporer jazz dengan digital recording teknologi GRP
mengambil keuntungan besar karena diterima sebagai perusahaan rekaman pertama
yang merekam diformat CD.
Terbuka
untuk konsep yang menggabungkan elemen dari musik pop dengan jazz Grusin dan
Rosen mendapatkan respon yang luar biasa atas gaya musik yang trendy dan
sukses membawa rasa jazz ke masyarakat yang lebih luas. Vokalis Patti Austin,
Angela Bofill, dan Diane Schuur akhirnya dikenal sebagai "GRP
sound.".
Ditahun 90an
bentuk radio komersial muncul dibawah bendera atau format atau nama
"smooth jazz" yang terus dan terus menampilkan banyak tampilan yang
dikenal dengan kontemporari jazz. Ya seperti Star FM lah kira kira.
No comments:
Post a Comment