Modal
jazz adalah jazz yang dimainkan menggunakan mode
musikal dibanding pergerakan chord . Ketika musis berbicara tentang cara atau
mode dalam jazz , mereka seringkali mengartikan berdasar tujuh modes (seven
modes based) dalam skala major. Saya lebih suka untuk memperlakukan tiap mode
tetap dalam posisinya Biarpun dalam mengenal konsep ini tidak salah untuk
mengambil skala mayor dan memainkan tiap not dalam pergerakan mode tonic . Cara
yang digunakan Modal Jazz tapi pemahaman tentang mode seringkali dapat juga
membantu belajar improvise perubahan chord . Penting untuk memahami pendekatan
ini hanya dapat digunakan sebagai awal untuk belajar improvisasi melodi .
Pemahaman
mengenai modal jazz membutuhka pemahaman pengetahuan dari mode musikal . Mode
adalah skala ketujuh yang digunakan dipertengahan musik tapi kembali digunakan
oleh komposer seperti Claude Debussy dan sering juga digunakan komposer abad 20
. Pada be-bop seperti juga pada hard bop musisinya menggunakan chords untuk
menampilkan background mendampingi solois . Sebuah lagu dapat saja mulai dengan
tema yang menggambarkan pengenalan chords yang digunakan solois . Chords ini
dapat berulang diseluruh lagu ketika solois akan memainkan bagiannya . Di
1950an improvisasi bersama chords menjadi sesuatu bagian yang dominan dari jazz
pemain pemain tambahan direkaman tersebut menambahi tapi tidak lebih dari
bentuk chords yang sudah direncanakan untuk dimainkan . Mengkreasikan perubahan
solos menjadi lebih extra sulit .
Diakhir
1950 musisis bingung atau frustasi dengan chords yang berulang mencoba dengan
pendekatan modal (yang berhubungan dengan perasaan) . Mereka tidak menulis lagu
menggunaka chords tapi malah menggunakan skala modal . Ini berarti bassis
sebagai contoh (instance) tidak harus bergerak dari satu not penting dalam
chord ke not yang lain - selama mereka tetap pada skala yang digunakan dan
mementingkan not yang benar dalam skalanya mereka sebenarnya dapat bergerak
kemana saja . Pianis sebagai contoh yang lain tidak harus memaikan chord atau
variasi chordnya tapi bisa melakukan apa saja selama dia tetap pada skala yang
digunakan . Solois juga punya keleluasaan improvisasi .
Pada
kenyataannya cara yang diambil solois mengkreasikan perubahan perubahan solonya
secara dramatik dimulai sejak kedatangan modal jazz . Sebelumnya tujuan solois
bermain solo untuk mengepaskan dengan set chordnya . Bagaimanapun dalam modal
jazz solois harus mengkreasikan melodi dalam satu chord yang mungkin potensial
menjadi membosankan bagi pendengarnya . Oleh karena itu tujuan musisinya
membuat melodi sama menariknya . Modal jazz dalam esensinya adalah kembali
kemelodi .
Hal
yang penting untuk diketahui adalah kesempatan bassis dan pianis untuk bergerak
pada not diskala yang tidak cocok dengan chord utama dari skalanya . Sebagai
contoh dalam skala Ionian C adalah not utama . Not yang lain sebagai contoh B
tidak cocok dimainkan dengan C ini tidak mungkin digunakan diluar lagu modal
jazz yang ditulis dalam C ketika memainkan chord C . Dalam lagu modal itu
mungkin yang berarti not yang dimainkan tidak dikenali sebagai bagian dari C
mayor .
Di
modal jazz komposisi yang pentingadalah "So What" oleh Miles Davis
dan "Impressions" dari John Coltrane . Kedua komposisi ini dimainkan
dalan cara Dorian yang berarti dimainkan minor . Keduanya sama sama menggunakan
bentuk AABA dan pada D dorian untuk bagian A dan memodulasikan naik setengah ke
Eb Dorian untuk bagian B nya . Di album King of Blue nya Miles Davis satu yang
dapat dipandang sebagai explorasi modal jazz Ini album yang penting dan
menonjol serta album jazz klasik .
Improvisasi
dalam konteks modal salah satu pemusiknya harus memulainya dalam skala yan
spesifik sebagai contoh dalam D dorian: D, E, F, G, A, B, C, D .Tapi satu yang
harus diingat adalah kemungkinan untuk mengambil sejumlah not dari skalanya
(dan tidak semua) untuk mengkreasikan dalam skala yang lebih kecil atau pilihan
dalam berimprovisasi.
Sebagai
contoh dalam D dorian salah satu harus memainkan not dari D minor triad (tiga
serangkai) (Dalam kenyataannya ini adalah yang dilakukaan Miles
diimprovisasinya (to begin with?)) atau salah satu musisinya konsisten memakai
triads yang ada dimodanya. (C maj, Dmin, Emin dll.) . Yang pasti adalah jikalau
anda atau musisi memilih triad yang upper structure triad (struktur diatasnya
atau lebih tinggi) dari chordnya musisi akan mendapat tekanan lebih disana .
Musisi mungkin juga menggunakan banyak pentatonic yang berbeda dalam skalanya
seperti C major pentatonik F major pentatonik dan G major pentatonik . (Not
yang agak tidak harmonis seperti A minor D minor dan E minor pentatonik
dimainkan berturut turut) . Sebagai pilihan itu tampak seperti batas not yang
dapat meluaskan pilihan improvisasi untuk pemain dalam pendekatan modal jazz .
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Modal_jazz
No comments:
Post a Comment